PERENCANAAN
STRATEGI
1. Karakteristik
perencanaan strategi
Perencanaan
strategis dalam perusahaan ini harus dikerjakan satu persatu step by step
sesuai dengan prosedur dan jadwal yang sudah ditentukan bersama, agar
rencana-rencana program yang diselesaikan dapat berjalan dengan baik, dan juga
jika perencanaan strategis tahun sebelumnya belum dapat diimplementasikan
dengan baik, maka perlu diadakan formulasi strategi baru yang dapat membantu
maupun memperbaiki perencanaan strategis sebelumnya.
Tergantung
dengan kesempatan dan ancaman yang dihadapi, kesempatan terbuka lebar dan
berpeluang besar jika industry jagung meningkatkan kreatifitasnya dan
mengetahui barang yang diinginkan pasar. Begitu juga dengan ancaman jika
perusahaan klobot jagung dapat meminimalkan faktor penyebabnya maka ancaman
akan semakin kecil.
Dalam
industry klobot jagung perencanaan strategis sangat dibutuhkan untuk
menganggarkan tahunan perusahaan dan juga sebagai program-program jangka
panjang dimana anggaran tahunan diperlukan oleh perusahaan untuk menentukan
langkah apa yang akan diambil selanjutnya dan juga dapat menemukan opsi lin
agar anggaran dapat diminimalakan, ini juga berhubungan dengan program-program
jangka panjang. Untuk program jangka panjang jagung ini memfokuskan pada alat mesin
dan juga pada penyimpanan (penimbunana bahan baku)
2. Analisis
program-program baru yang diusulkan
Program
baru yang kan diusulkan dalam industry klobot jagung bisa berasal dari manapun
usulan dibawah ini merupakan gambaran usulan dari karyawan produksi dan
manajemen:
·
Program pemasaran keluar daerah dan luar
negeri dengan bantuan web dan bantuan dari jasa pengiriman barang
(JNE,TIKI,POS)
·
Program pembelian alat yang membantu
produksi yang belum dimiliki
·
Program pelatihan bagi karyawan agar lebih
kreatif dan juga lebih inovatif dalam mengerjakan pekerjaan.
3. Analisis
program-program yang sedang berjalan
Program yang sedang
berjalan yaitu:
·
Program penyimpanan (penimbunan bahan
baku) dengan memperkuat:
ü Hubungan
dengan pelanggan
ü Hubungan
dengan pemasok
ü Hubungan
rantai nilai dari perusahaan home industry ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar