1. PUSAT
TANGGUNG JAWAB
A.
Sifat-sifat pusat tangung jawab
·
Jika setiap pusat tanggung jawab telah
memenuhi ujuannya,maka cia-cita perusahaan ni juga telah tercapai.
·
Pusat tanggung jawab dikatakan efisien
jika melakukan sesuatu dengan tepat.
ü Jika
menemukan cara untuk membeli bahan baku agar tidak menunggu musiman,
ü Jika
memproduksi dengan biaya rendah dan hasil produksi yang kualitasnya sama.
·
Pusat tanggung jawab dikatakan efektif
jika melakukan hal-hal yang tepat.
ü Jika
dapat menaikkan penjualan
·
Tujuan utama perusahaan berorientasi pada
efisiensi dan efektifitas adalah untuk memperoleh laba yang memuaskan.
B.
Jenis-jenis pusat tanggung jawab
·
Pusat beban teknik
Pusat beban teknik adalah biaya-biaya yang dapat
diestimasikan dengan keandalan yang wajar contohnya:biaya tenaga kerja langsung
,biaya pabrik,biaya perlengkapan untuk pembuatan bros dan bunga,biaya-biaya
yang berhubungan dengan manufaktur
·
Pusat beban kebijakan
Contohnya: biaya akuntansi,biaya sumber daya
manusia,dengan manajemen menggunakan pengendalian umum yaitu: Penyusunan
anggaran, dan variasi biaya,pengendalian keuangan, pengukuran kinerja.
·
Pusat pendapatan
Kinerja finansial suatu pusat tanggung jawab dikur
dalam uang lingkup laba(selisih antaa pendaatan dan ebandigunakan oleh
manajemen sebagai indikator komprehensif.
·
Pusat investasi
·
Pusat administrasi dan pendukung
Permasalahannya
output tidak dapat diukur,tidak mungkin untuk menetapkan biaya informasi,karena
kita tidak tahu konsumen akan membutuhkan saran dan layanan paling banyak pada
saat apa, dan bagaimana.
·
Pusat penelitian dan pengembangan
Permasalahannya
output dari aktivitas penelitian dan pengembangan sulit diukur. Input yang
dicantumkan dalam anggaran tahunan bisa jadi tidak memiliki kaitan apapun
dengan output,perkiraan yang andal sulit dilakukan.
·
Pusat pemasaran
ü
Aktivitas logistic
Dalam perusahaan ini yang
termasuk dalam aktivitas logistic yaitu: aktibitas-aktivitas yang terlibat
dalam memindahkan barang dari perusahaan ke pelanggan. Aktivitasnya mencakup
mobil transportasi yang digunakan untuk mengirimkan bunga kepada konsumen,
dalam hal ini konsumennya bisa memesan melalui online dan offline. Dalam
perusahaan ini aktivitas logistic bekerja sama dengan jasa pengiriman barang
seperti: (TIKI,JNE Pos) dan membutuhkan perkapalan atau penerbangan untuk
ekspor ke luar negeri.
ü Aktivitas
pemasaran
Dalam
hal ini yang termasuk dalam aktivitas pemasaran yaitu: aktivitas-aktivitas yang
dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh pesanan. Aktivitasnya meliputi biaya
periklanan seperti web,Instagram,facebook.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar