C. PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN




1.      PUSAT TANGGUNG JAWAB
A.    Sifat-sifat pusat tangung jawab
·         Jika setiap pusat tanggung jawab telah memenuhi ujuannya,maka cia-cita perusahaan ni juga telah tercapai.
·         Pusat tanggung jawab dikatakan efisien jika melakukan sesuatu dengan tepat.
ü  Jika menemukan cara untuk membeli bahan baku agar tidak menunggu musiman,
ü  Jika memproduksi dengan biaya rendah dan hasil produksi yang kualitasnya sama.
·         Pusat tanggung jawab dikatakan efektif jika melakukan hal-hal yang tepat.
ü  Jika dapat menaikkan penjualan
·         Tujuan utama perusahaan berorientasi pada efisiensi dan efektifitas adalah untuk memperoleh laba yang memuaskan.
B.     Jenis-jenis pusat tanggung jawab
·         Pusat beban teknik



Pusat beban teknik adalah biaya-biaya yang dapat diestimasikan dengan keandalan yang wajar contohnya:biaya tenaga kerja langsung ,biaya pabrik,biaya perlengkapan untuk pembuatan bros dan bunga,biaya-biaya yang berhubungan dengan manufaktur
·         Pusat beban kebijakan










Pusat beban kebijakan meliputi unit-unit administrasi an pendukung,outputnya tidak bisa diukur secara moneter.
Contohnya: biaya akuntansi,biaya sumber daya manusia,dengan manajemen menggunakan pengendalian umum yaitu: Penyusunan anggaran, dan variasi biaya,pengendalian keuangan, pengukuran kinerja.

·         Pusat pendapatan


·         Pusat laba


Kinerja finansial suatu pusat tanggung jawab dikur dalam uang lingkup laba(selisih antaa pendaatan dan ebandigunakan oleh manajemen sebagai indikator komprehensif.
·         Pusat investasi

      
·         Pusat administrasi dan pendukung

Permasalahannya output tidak dapat diukur,tidak mungkin untuk menetapkan biaya informasi,karena kita tidak tahu konsumen akan membutuhkan saran dan layanan paling banyak pada saat apa, dan bagaimana.


·         Pusat penelitian dan pengembangan

Permasalahannya output dari aktivitas penelitian dan pengembangan sulit diukur. Input yang dicantumkan dalam anggaran tahunan bisa jadi tidak memiliki kaitan apapun dengan output,perkiraan yang andal sulit dilakukan.
·         Pusat pemasaran
ü  Aktivitas logistic
Dalam perusahaan ini yang termasuk dalam aktivitas logistic yaitu: aktibitas-aktivitas yang terlibat dalam memindahkan barang dari perusahaan ke pelanggan. Aktivitasnya mencakup mobil transportasi yang digunakan untuk mengirimkan bunga kepada konsumen, dalam hal ini konsumennya bisa memesan melalui online dan offline. Dalam perusahaan ini aktivitas logistic bekerja sama dengan jasa pengiriman barang seperti: (TIKI,JNE Pos) dan membutuhkan perkapalan atau penerbangan untuk ekspor ke luar negeri.
ü  Aktivitas pemasaran
                       Dalam hal ini yang termasuk dalam aktivitas pemasaran yaitu: aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh pesanan. Aktivitasnya meliputi biaya periklanan seperti web,Instagram,facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar